Artikel MSDM





 
 SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA


Di era globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini, tantangan dalam berbisnis semakin kompleks seiring meningkatnya kebutuhan dan kecepatan dalam mengatur aktivitas bisnis dalam suatu perusahaan. Perusahaan yang akan tetap sukses adalah perusahaan yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi perusahaan itu melalui kemampuan manajemen yang terampil dan memiliki orientasi perencanaan strategis menuju masa depan.
Titik tumpuan yang paling penting dalam mengelola administrasi perusahaan sehingga dapat meningkatkan vitalitas dan posisi perusahaan di masa depan adalah dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang efektif dan profesional. Dengan pengelolaan SDM yang efektif, para eksekutif dan professional dapat terfokuskan pada pengembangan bakat karyawan sehingga tujuan strategis perusahaan tercapai.
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut perlu adanya upaya peningkatan kemandirian dan keunggulan pada karyawan, diantaranya yaitu membentuk keahlian dan keterampilan karyawan dalam bidang berteknologi dengan sistem pendidikan dan pelatihan, khususnya pada bidang teknologi informasi. Teknologi informasi SDM saat ini telah mendukung standarisasi, sehingga kemajuan dan pengukuran terhadap proses-proses dipastikan dapat tercapai dengan peningkatan yang signifikan terhadap pengelolaan manajemen SDM.
Pemanfaatan teknologi informasi ini menjadi salah satu pra-syarat dalam mengembangkan proses-proses organisasi. Dimana penerapan teknologi informasi dan pengelolaan MSDM merupakan dua faktor penting yang saling terkait dalam menjalankan organisasi, yaitu sebagai perangkat lunak pendukung organisasi pengguna. Teknologi tidak dapat diterapkan tanpa organisasi. Dan organisasi tidak akan efektif tanpa penerapan teknologi informasi.
Sistem teknologi informasi dibentuk dengan tujuan membantu proses-proses dalam sebuah organisasi, dimana di dalamnya mencakup proses perencanaan, penggorganisasian, dan pengendalian. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM) adalah sebuah bentuk gabungan dari ilmu manajemen dan teknologi informasi. Dimana manajemen dapat menjalankan perannya sehingga dapat membentuk SDM yang handal dan memiliki pengetahuan di bidang teknologi informasi. Penerapan sistem  informasi sumber daya manusia (SISDM), tidak akan berjalan dengan baik jika manusia yang berada di dalamnya tidak dapat saling mendukung untuk pencapaian tujuan sistem. Sehingga terjadi keterkaitan  antara manajemen dan teknologi informasi.

Komentar