Jalan-jalan ilmiah ke Konferensi Regional Akuntansi III Jember

Konferensi Regional Akuntansi (KRA) merupakan acara Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Jawa Timur dengan tujuan menjadi wadah bagi para peneliti untuk mendapatkan masukan perbaikan kualitas paper penelitian sehingga semakin meningkat dari sisi kuantitas dan kualitas hasil penelitian, dan sebagai media komunikasi hasil penelitian serta state of the art disiplin akuntansi. KRA akan diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahun yang bertempat pada Perguruan Tinggi di Jawa Timur. KRA Pertama pada tahun  2014 dengan tema “Accounting For Welfare” diselenggarakan di FEB Universitas Airlangga. Selanjutnya, KRA Kedua pada Tahun 2015 mengangkat tema “Strategi Pengembangan Pendidikan Akuntansi dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” di selenggarakan di FEB Universitas Kanjuruhan Malang. Untuk tahun  2016 ini, KRA ketiga akan diselenggarakan di Tiga Perguruan Tinggi di Kota Jember (FE Universitas Jember, FE Universitas Muhammadiyah Jember, STIE Mandala Jember). Tema yang diusung pada KRA III ini adalah “Akuntansi Hijau dan Forensik untuk Merespon Dinamika Perubahan Global”.
Selain memaparkan hasil penelitian akuntansi, KRA III juga mengadakan Forum Diskusi Ketua Departemen/Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi (KPS) S1 yang akan membahas baik pendidikan dan isu terkini (current issue) bidang akuntansi dan bisnis. Hasil pertemuan forum ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengembangan kurikulum dan bahan ajar dalam proses pendidikan. Terdapat pula Rapat Aliansi Jurnal untuk menunjang kemajuan pengelolaan Jurnal di setiap Universitas dan Forum Anggota Muda IAI dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi untuk meningkatkan kegiatan tingkat mahasiswa guna mempersiapkan kopetensi mahasiswa menjadi Akuntan Profesional.
Kegiatan KRA ini selain membantu para peneliti untuk mendapatkan masukan penelitian agar lebih berkualitas, juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti perkembangan keilmuan terkini dan dapat memperluas jaringan kerjasama (network) antar berbagai perguruan tinggi.
Prodi akuntansi UNIBA berhasil lolos 5 (lima) artikel dalam event ini. Jalan-jalan ilmiah........
Mampir di Tanjung Papuma.........

Komentar